Salah Posisi Menggenggam Kemudi, Awas Cidera!!!


Jakarta – Cara mengemudi mobil yang baik dan benar, tidak hanya sekadar mengoper transmisi percepatan dengan benar, menginjak pedal gas, maupun menginjak atau melepas pedal kopling. Ada salah satu aspek yang banyak orang belum tahu, dimana cara tersebut wajib dilakukan saat berkendara.
Aspek tersebut adalah memegang kemudi mobil dengan baik dan benar. Jika diabaikan dapat menyebabkan cidera ringan sampai cidera yang berat. Hal itu tentunya tidak ingin dirasakan oleh seluruh pengguna mobil kan?
“Memegang kemudi mobil harus erat, namun genggaman yang erat tersebut jangan membuat lengan kita jadi tegang atau kaku. Ini untuk antisipasi suatu saat mengalami kejadian yang reflek, sehingga tangan tidak mudah kehilangan daya cengkram terlepas dari stir kemudi,” ujar Bagus, salah satu trainer driving tes.
Lalu bagaimana cara memegang kendali stir yang baik dan benar?

Cara Memegang Stir yang Baik dan Benar

Kemudi
Cara menggenggam stir yang baik dan benar. Foto/Carmudi Indonesia/Enda
  • Genggam erat kemudi mobil, dan pastikan bahwa stir tidak licin disebabkan oleh tangan yang berkeringat.
  • Genggam stir kemudi dengan posisi tangan di tengah antara sisi kanan dan kiri.
  • Jari jempol letakan disisi luar kemudi bagian depan, jangan letakan jari jempol kedalam stir kemudi bagian dalam.
  • Memastikan seluruh jari tangan (kecuali jempol) masuk kedalam stir kemudi bagian dalam, dan pastikan stir kemudi tergenggam dengan erat.

Cara Memegang Stir yang Salah

Kemudi
Cara menggenggam stir yang salah. Foto/Carmudi Indonesia/Enda
  • Posisi memegang stir kemudi di bagian sisi bawah sebenarnya salah, meskipun terkadang sebagian orang nyaman dengan hal itu, patutnya hal tersebut dihilangkan.
  • Memegang stir kemudi dengan satu tangan sangat tidak dianjurkan, karena tidak seutuhnya dapat mengontrol laju keseimbangan pada kendaraan.
  • Meletakan kedua tangan dibagian sisi atas stir kemudi tidak dianjurkan, karena saat melakukan handling mengakibatkan ketidak seimbangan, sehingga mobil akan mudah goyang atau body roll.
Kemudi
Cara menggenggam stir yang salah-2. Foto/Carmudi Indonesia/Enda

Mengapa cara tersebut perlu diperhatikan?

  • Untuk menghindari cidera keseleo karena posisi memegang stir kemudi yang salah, saat melakukan putaran pada stir kemudi.
  • Mencegah patah pada jari tangan saat stir kemudi kehilangan traksi kontrol, disaat ban mobil menabrak suatu benda yang menyebabkan stir kemudi berputar dengan sendirinya.
  • Tidak inginnya kehilangan lepas stir kemudi saat digenggam, tips tersebut harus dilakukan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.
  • Memudahkan anda saat melakukan traksi handling pada mobil, dilain sisi posisi yang baik dan benar, tidak membuat anda mudah lelah saat mengemudi.
Semoga tips menggenggam kemudi stir yang baik dan benar ini dapat membantu anda terhindar dari cidera maupun kejadian yang tidak diinginkan. Dan selalu waspada, berhati – hati dalam berkendara

0 comments: